Friday, November 21, 2008

Green Energy Ciptakan 20 Juta Lowongan Kerja Baru

BRUSSELS - Pengembangan energi alternatif diperkirakan dapat menciptakan sekira 20 juta lowongan pekerjaan di dunia hingga beberapa dekade mendatang. Hal itu didasarkan pada laporan United Nations Environment Programme (UNEP).

Seperti dikutip The Australian, Kamis (25/9/2008), 50 persen dari 2,3 juta orang diprediksi dapat bekerja di sektor pengembangan biofuel. Namun, percepatan pembukaan lowongan pekerjaan baru itu bergantung pada langkah tiap negara dalam menerapkan kebijakan terhadap lingkungan, seperti mengganti sumber minyak dan gas ke sumber angin, matahari, atau panas bumi.

“Jika kita tidak segera mentransformasikan pengembangan ekonomi di sektor energi tersebut maka kita akan kehilangan kesempatan bagi jutaan lowongan pekerjaan,” kata director UNEP, Achim Steiner.

Namun menurut Steiner, banyaknya kesempatan pekerjaan di sektor energi alternatif ternyata belum menyelesaikan permasalahan. Pasalnya populasi dunia akan meningkat menjadi 8 hingga 9 miliar pada tahun 2050. Pada dekade tersebut, sumber-sumber seperti minyak, logam, dan gas akan sangat mahal dan sulit untuk ditemukan.

Permasalahan krisis di dunia dapat diantisipasi jika selama sepuluh tahun dari sekarang setiap negara mengambil langkah serius dalam mengatasi tingginya harga minyak dengan mengembangkan energi alternatif. (srn)