Friday, November 21, 2008

Intel Akuisisi Pengembang Linux OpenedHand

OpenedHand, pengembang Poky Linux dan Matchbox mengumumkan bahwa mereka telah diakuisisi Intel. Tim pengembang Linux untuk alat portabel yang bermarkas di Inggris ini akan bergabung dengan Intel Open Source Technology Center dan membantu pengembangan Moblin (Mobile Linux Internet Project) untuk dipakai di mobile internet device dan alat-alat portabel lainnya.

Menurut OpenedHand Intel akan tetap mendukung proyek-proyek open source yang dipimpin OpenedHand termasuk Clutter dan Matchbox dan “dalam kebanyakan kasus malah akan mempercepat pengembangan proyek-proyek ini sebagai bagian dari Moblin.” Kontribusi-kontribusi OpenedHand akan disediakan untuk publik melalaui bagian open source dari situs Intel Software Network.

Matchbox adalah sebuah X11 window manager yang banyak diadopsi di alat-alat portabel berbasis Linux. Nokia juga menggunakan Matchbox sebagai window manager di “Maemo” yang mengoperasikan N810, N800 dan 770. OpenedHand juga mengembangkan distro Poky Linux berbasis GNOME untuk alat-alat portabel seperti ponsel. Distro ini mencapai versi 3.0 “Blinky” sekitar satu tahun lalu. Mirip seperti Moblin, Ubuntu Mobile dan Maemo yang disponsori Nokia, Poky menggunakan X11, GTK+ dan Matchbox.

Intel meluncurkan proyek Moblin di pertengahan tahun lalu dengan tujuan menstandarisasi proses pengembangan aplikasi di platform berbasis Intel Atom. Moblin baru-baru ini mencapai versi 2.0 di mana mereka memindahkan build environment mereka dari Ubuntu ke Fedora. Dirk Hohndel, direktur divisi Linux dan strategi open source Intel mengatakan bahwa versi 1.0 “gagal menarik perhatian” para pengembang. Akan tetapi dengan banyaknya MID yang mulai bermunculan dan layanan web yang mendukung Moblin dan MID, pengembangan Moblin sudah mulai aktif.